1. Sejauh mana adopsi IFRS telah diterapkan dalam
Laporan Keuangan di Indonesia?
Jawab :
Standar akuntansi yang berlaku
dan berterima umum adalah PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan). Standar
akuntansi yang ada di Indonesia saat ini belum mengadopsi penuh standar
akuntansi international (IFRS). Standar akuntansi yang digunakan di Indonesia
masih mengacu pada US GAAP (United Stated Generally Accepted Accounting
Standard), namun dalam beberapa pasal sudah dilakukan harmonisasi terhadap IFRS. Adopsi yang dilakukan Indonesia saat
ini sifatnya belum menyeluruh, baru sebagian (harmonisasi).
2. Bagaimana sifat adopsi yang telah dilakukan,
apakah adopsi seluruh atau sebagian (harmonisasi)?
Jawab :
Adopsi yang
dilakukan Indonesia saat ini sifatnya belum menyeluruh, baru sebagian
(harmonisasi). Namun, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mencanangkan bahwa Standar
akuntansi internasional (IFRS) akan mulai berlaku di Indonesia pada tahun 2012 secara
keseluruhan atau full adoption (sumber: Ikatan Akuntan Indonesia, 2009),
sedangkan khusus untuk perbankan diharapkan tahun 2010.
3. Apa manfaat bagi perusahaan yang mengadopsi
khususnya dan bagi perekonomian Indonesia pada umumnya?
Jawab :
-
Memudahkan pemahaman
atas laporan keuangan dengan menggunakan SAK (Standar Akuntansi Keuangan)
yang dikenal secara internasional.
-
Meningkatkan arus
investasi global melalu transparansi.
-
Menurunkan biaya modal
dengan membuka peluang fund raising melalui pasar modal global.
-
Menciptakan efisiensi laporan keuangan.
4. Buatlah daftar perusahaan-perusahaan yang
telah menerapkan IFRS di Indonesia?
Jawab :
a. PT. Pertamina (Persero) Tbk
b. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
c. PT Jasa Marga (Persero) Tbk
5. Sajikan profile perusahaan-perusahaan yang
telah menerapkan IFRS di Indonesia?
Jawab :
a. PT. Pertamina (Persero) Tbk
Sebagai lokomotif
perekonomian bangsa Pertamina merupakan perusahaan milik negara yang bergerak
di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan
terbarukan.Pertamina menjalankan kegiatan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip
tata kelola korporasi yang baik sehingga dapat berdaya saing yang tinggi di
dalam era globalisasi.
Visi :
Menjadi Perusahaan
Energi Nasional Kelas Dunia.
Misi :
Menjalankan usaha
minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan
prinsip-prinsip komersial yang kuat.
b. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
Perusahaan
Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“Telkom”, ”Perseroan”,
“Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan
telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada
hukum dan peraturan yang berlaku di negara ini.
Layanan
telekomunikasi dan jaringan Telkom sangat luas dan beragam meliputi layanan
dasar telekomunikasi domestik dan internasional, baik menggunakan jaringan
kabel, nirkabel tidak bergerak (Code Division
Multiple Access atau “CDMA”) maupun Global System for Mobile Communication (“GSM”) serta
layanan interkoneksi antar operator penyedia jaringan. Di luar layanan
telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan
aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIME.
Visi :
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan TIME di kawasan regional.
Misi :
-
Menyediakan layanan
TIME yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
-
Menjadi model
pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
c. PT Jasa Marga (Persero) Tbk
PT Jasa Marga
(Persero) Tbk. adalah sebuah badan milik pemerintah yang bertugas untuk
merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol serta sarana
kelengkapannya agar jalan tol dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang
memberikan manfaat lebih tinggi daripada jalan umum bukan tol. Perusahaan kini menjalankan
tugas sebagai otorisator yang sepenuhnya menjadi perusahaan pengembang dan
operator jalan tol yang akan mendapatkan izin penyelenggaraan tol dari
Pemerintah.
Visi :
-
Menjadi
Perusahaan Pengembang dan Operator Jalan Tol Terkemuka di Indonesia
-
Menjadi Salah
Satu Perusahaan Terkemuka di Indonesia .
Misi :
-
Menyediakan layanan
TIME yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
-
Menjadi model
pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Sumber :
0 comments:
Post a Comment