Pages

image

My Life My Journey

Everybody wants happiness nobody wants pain, but you can't have a rainbow without a little rain

-siti filza atika-

Tuesday, February 22, 2011

Tugas Sistem Ekonomi

DEFINISI SISTEM EKONOMI
Menurut Dumairy (1966), Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalamsuat tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomitidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, padangan dan polahidup masyarakat tempatnya berpijak.


MACAM-MACAM SISTEM EKONOMI
1.      Sistem Ekonomi Liberal-Kapetalis
Sistem ekonomi leiberal-kapitalis adalah suatu sistem yang memberikankebebasan yang besar bagi pelaku-pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatanyang terbaik bagi kepentingan individual atau sumber daya-sumber daya ekonomiatau faktor produksi. Secara garis besar, ciri-ciri ekonomi liberal kapitalis adalahsebagai berikut :
a.    Adanya pengakuan yang luas terhadap hak pribadi
b.    Praktek perekonomian di atus menurut mekanisme pasar
c.    Praktek perekonomian digerakan oleh motif keuntungan (profilemotife)

2.      Sistem Ekonomi Sosialis-Komunistik
Dalam sistem ekonomi sosialis-komunistis adalah kebalikannya, dimanasumber daya ekonomi atau faktor produksi dikuasai sebagai milik negara. Suatunegara yang menganut sistem ekonomi sosialis-komunis, menekankan padakebersamaan masyarakat dalam menjalankan dan memajukan perekonomian.
Dalam sistem ini yang menonjol adalah kebersamaan, dimana semua alatproduksi adalah milik bersama (negara) dan didistribusikan untuk kepentinganbersama sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

3.      Sistem Ekonomi Campuran (mixed ekonomi
Di samping kedua ekstrim sistem ekonomi tersebut, terdapat sebuah sistemyang lain yang merupakan “atas campuran : antara keduanya, dengan berbagaifariasi kadar donasinya, dengan berbagai fariasi nama dan oleh istilahnya. Sistemekonomi campuran pada umumnya diterapkan oleh negara-negara berkembangatau negara-negara dunia ke tiga.
Beberapa negara di antaranya cukup konsisten dalam meramu sistemekonomi campuran, dalam arti kadar kapitalisnya selalu lebih tinggi (contohFilipina) atau bobot sosialismenya lebih besar (contoh India). Namun banyak pula yang goyah dalam meramu campuran kedua sistem ini, kadang-kadang condong kapitalistik.
Pada dasarnya sistem ekonomi campuran atau sistem ekonomi kerakyatandengan persaingan terkendali, agaknya merupakan sistem ekonomi yang palingcocok untuk mengelola perekonomian di Indonesia, namun demikian akhir-akhirini sistem ekonomi Indonesia semakin condong ke ekonomi liberal dan kapitalishal ini ditandai dengan derasnya modal asing yang mauk ke Indonesia danbanyaknya BUMN dan BUMD yang telah diprivatisasi. Kecenderungan tersebutdipacu derasnya arus globalisasi dan bubarnya sejumlah negara komunis di EropaTimur yang bersistem ekonomi sosialisme-komunistik.

Sumber :


0 comments:

Post a Comment