Pages

image

My Life My Journey

Everybody wants happiness nobody wants pain, but you can't have a rainbow without a little rain

-siti filza atika-

Tuesday, March 27, 2012

Akuntansi Keuangan Dan Standar Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik oleh pihak-pihak internal maupun pihak eksternal. Laporan keuangan yang sering disajikan adalah Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Ekuitas Pemilik atau Pemegang saham. Pelaporan keuangan selain laporan keuangan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk.
Pengguaan sumber daya secara efisien menentukan apakah bisnis akan sukses dan tumbuh. Akuntan harus mengukur kinerja secara akurat, wajar, dan tepat waktu agar para manajer dan perusahaan yang tepat mampu menarik modal investasi.
Tantangan yang di hadapi akuntansi keuangan :
·       Laporan keuangan tidak menyajikan sejumlah ukuran kinerja penting yang biasanya dipakai oleh manajemen.
·       Laporan keuangan tidak menyajikan informasi yang berorientasi ke depan yang di butuhkan oleh para investor dan kreditor saat ini maupun potensial.
·  Laporan keuangan tidak menyajikan informasi tentang aktiva-aktiva lunak (tak berwujud) perusahaan.
·        Laporan keuangan tidak menyajikan informasi keuangan secara real-time

Tujuan Pelaporan Keuangan adalah untuk menyediakan :
·         Informasi yang berguna bagi keputusan investasi dan kredit
·         Informasi yang berguna dalam menilai arus kas masa depan
·  Informasi mengenai sumber daya perusahaan, klaim terhadap sumber daya tersebut, dan perubahannya.
Profesi akuntansi berupaya mengembangkan seprangkat standar yang dapat diterima umum dan di praktekkan secara universal. Tanpa standar-standar semacam ini, setiap perusahaan akan membuat standar-standar mereka sendiri, dan pemakai laporan keuangan harus dapat memahami praktek-praktek akuntansi serta pelaporan unik dari setiap perusahaan.
SEC (Securities and Exchange Commission) adalah sebuah badan federal yang membantu mengembangkan dan menstandarisasi informasi keuangan yang disajikan kepada pemegang saham. SEC memiliki kekuasan luas untuk menentukan, dengan tingkat rincian yang diinginkan, standar akuntansi yang wajib dipakai oleh perusahaan yang berada di bawah yurisdiksinya. American Institude of Certified Publik Accountants (AICPA) menerbitkan standar melalui Committee on Accounting Proceduredan Accounting Principles Board. Financial Accounting Standards Board (FASB) membentuk dan memperbaiki standar-standar akuntansi serta pelaporan keuangan untuk menuntun dan mandidik publik
Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima  umum (GAAP) adalah prinsip-prinsip yang memiliki dukungan dukungan otoritatif yang substansial, seperti FASB standards, Interpretations, and staff Positions, APB Opinions and Interpretations, AICPA Accounting Research Bulletins dan ketetapan-ketetapan otoritatif lainnya.
Kelompok pemakai mungkin menginginkan kejadian-kejadian ekonomi tertentu diperlukan atau di laporakan dengan cara tertentu, dan mereka berjuang keras untuk mendapatkann apa yang mereka inginkan. Karena itu, FASB telah menjadi target dari banyak tekanan dan upaya untuk mempengaruhi standar-standar yang ada dan baru. Karena meningkatnya laju perubahan dan tingkat kompleksitas perekonomian kita, maka bobot dari tekanan-tekanan ini telah naik berllipat ganda. Akibatnya, standar akuntansi selain merupakan penemuan dari proses yang teliti dan empiris, juga merupakan produk dari tindakan politik. IASB bekerjasama dengan penyusun standar akuntansi A.S. menuju penggabungan perbedaan standar internasional.
Akuntan keuangan dalam melaksanakan tanggung jawab profesional mereka diminta untuk mengutamakan moralitas dan pengambilan keputusan yang berlandaskan etika. Kesulitan muncul karena belum ada konsekuen publik tentang bagaimana membentuk sistem etika komprehensif yang bisa dijadikan patokan dalam melakukan penilaian etis.

Sumber :
-  Buku ‘Intermediate Accounting’. Penulis: Kieso

0 comments:

Post a Comment