Pages

image

My Life My Journey

Everybody wants happiness nobody wants pain, but you can't have a rainbow without a little rain

-siti filza atika-

Thursday, October 7, 2010

Tugas 2

1.    Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi ?
·      Keinginan Manusia, dapat di golongkan menjadi 2 bagian besar, yaitu keinginan pokok dan keinginan tambahan. Keinginan pokok ditujukan untuk memenuhi kebutuhan utama, contohnya makan, pakaian, dan perumahan. Sedangkan keinginan tambahan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sekunder, seperti alat-alat elektronik, dll.
·     Faktor-Faktor Produksi, dapat diartikan sebagai sumber-sumber yang mampu menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan. Faktor-faktor produksi dapat berupa benda-benda yang disediakan alam atau yang diciptakan oleh manusia.
Faktor-faktor produksi dibedakan menjadi :
§  Tanah dan Sumber Daya Alam
§  Tenaga Kerja
§  Modal
§  Kewirausahaan
·     Cara Berproduksi. Cara pembuatan suatu barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi. Tetapi persoalan barang atau jasa apa yang harus diproduksi, berapa banyak barang dan jasa yang diproduksi, dan cara-cara apa yang harus digunakan untuk memproduksinya sehingga mencapai pembiayaan minimal adalah bidang ekonomi dan merupakan persoalan-persoalan yang harus diperhatikan para ahli ekonomi.

2.    Apa yang membedakan Perusahaan dan Lembaga Sosial ? Jelaskan!
Yang membedakan Perusahaan dengan Lembaga Sosial terletak pada penekanan atau prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial. Lembaga Sosial lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggung jawab sosial (dalam hal ini laba tidak menjadi tolok ukur keberhasilan). Sedangkan Perusahaan yang berorientasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan hingga mencapai maksimum (laba merupakan tolok ukur keberhasilan)

3.    Apa saja faktor yang mempengaruhi Letak dan Tempat Perusahaan ?
Faktor yang mempengaruhi Tempat Perusahaan adalah faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya
Sedangkan faktor yang mempengaruhi Letak Perusahaan adalah Faktor Ekomoni. Ini merupakan salaha satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah :
·         Harga Barak Mentah atau bahan pembantu
·         Tingkat upah buruh
·         Tanah
·         Pajak
·         Tingkat bunga
·         Biaya alat produksi tahan lama
·         Biaya atas pihak ketiga

4.    Tunjukan Perbedaan antara Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro dalam Dunia Usaha ? Jelaskan dengan contoh !
Lingkungan Eksternal Mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Yang termasuk dalam lingkungan eksternal makro adalah :
·      Keadaan Alam, berkaitan dengan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan sebagainya
·      Perekonomian, berkaitan dengan tingkat pendapatan masyarakat, tingkat investasi, dan sebagainya
·     Sosial dan Budaya, berkaitan dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat yang dapat bertindak sebagai kontrol sosial dunia usaha ataupun sebagai pendukung dunia usaha.
·    Hubungan Internasional, berkaitan dengan kurs, neraca pembayaran, transfer teknologi, transfer budaya, proteksi, dan sebagainya
·     Pendidikan dan Teknologi yang mendukung penyediaan Sumber Daya Manusia yang andal, sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa berkualitas dengan harga kompetitif

Lingkungan Eksternal Mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Yang termasuk dalam lingkungan eksternal mikro adalah :
·     Perantara, misalnya Distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen
·      Teknologi yang berkaitan dengan pengembangan proses kerja, peralatan, metode, dan sebagainya
·      Pasar sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan Perusahaan

Sumber : Buku Pengantar Bisnis, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

0 comments:

Post a Comment