Pages

image

My Life My Journey

Everybody wants happiness nobody wants pain, but you can't have a rainbow without a little rain

-siti filza atika-

Thursday, March 31, 2011

Lab Internet Dasar


Lab Internet Dasar ini terletak di kampus D Margonda di Gedung 3 lantai 2. Lab ini di bawah lembaga Pengembangan Universitas Gunadarma diperuntukkan untuk mahasiswa baru kelas 1 untuk memperluas ilmu dalam bidang Internet yang sekarang sudah merajalela. 
Dan inilah kakak-kakak yang ada di balik layar Lab Internet Dasar :

1.      Hendi Ravasia
2.    Andito Wasi Guntoro
3.    Akhmad Fauzi
4.    Jamaris
5.    Tito Berlian
6.    Achie 
7.    Nurul Wulandari
8.    Fauziyah
9.    Mita Oktawiranti
10.  Efa
11.   Putri

Lab ini dibawah lembaga pengembangan Universitas Gunadarma. 

Di Lab Interner Dasar ini kita mempelajari tentang apa itu internet dan hal-hal lainnya yang behubungan dengan internet. Dan di ruangan ini juga di lengkapi dengan komputer-komputer yang cukup banyak untuk dapat digunakan oleh para Praktikan yang sedang Praktikum.
Untuk memasuki ruangan praktikum kita harus memakai pakaian yang rapi serta sopan. Bagi yang Laki-laki harus memakai kemeja dan celana bahan, sedangkan untuk yang perempuan harus memakai kemeja juga dan rok bahan. Selain berpakaian rapi, saat memasuki ruangan praktikum kita harus membawa kartu dan mengumpulkan LA.
Lab Internet Dasar ini hanya dilakukan 3 kali pertemuan, Pertemuan Pertama membahas tentang Sejarah Internet, Pertemuan Kedua membahas tentang Search Engine, dan Pertemuan Ketiga adalah Ujian.
Pada saat pertemuan Pertama yang membahas tentang Sejarah Internet, awal nya kami di berikan soal tentang Sejarah Internet, dan komponen-komponen yang dapat menjalankan koneksi internet.
Setelah menyelesaikan soal tersebut, kami disuruh menjawab dan menjelaskan di depan apasaja jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setelah itu kakak nya pun menjelaslkan semuanya kepada kami. Mulai dari sejarah internet, macam-macam internet, komponen untuk menjalankan koneksi internet, bagaimana cara mengoneksikan internet, dan lain-lainnya. menurut saya pelajaran ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kami. Karna dari penjelasan kakak tutor nya kami jadi mengetahui lebih dalam tentang internet dan bagaimana cara mengkoneksikan nya. Yang mungkin selama ini kami hanya mengetahui sedikit tentang itu.
Setelah kakak tutor nya menjelaskan tentang materi hari itu dan memberikan kami nilai-nilai plus dan nilai-nilai maksimal bagi kami yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan  dari kakak tutornya tersebut, kami pun di beri tugas untuk dikerjakan di rumah, yang di sebut dengan LA (Laporan Akhir).
Pada pertemuan kedua kami membahas tentang Search Engine. Sama seperti minggu pertama, awal nya kami disuruh mengerjakan soal, yang saat itu kami diberikan 4 soal tentang Search Engine, Web Browser, Portal, dan Blog. Setelah menyelesaikan tugas tersebut, kakak tutornya pun langsung menjelaskan tentang Seacrh Engine kepada kami. Apa itu Searca Engine, contoh-contoh Search Engine, dan lain-lainnya. dan seperti sebelumnya kakak tutornya tetap memberikan nilai-nilai plus untuk kami yang bisa menjawab pertanyaan. Dan juga kakak nya kemabali memberikan kami LA serta materi dan kisi-kisi untuk ujian minggu depan.
Menurut saya Lab Internet Dasar ini cukup baik dan bermanfaat bagi para mahasiswa. Karna dengan adanya pengetahuan ini mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam tentang internet, dan apa-apa saja yang terdapat di dalamnya. Yaa walaupun sekilas saat mendengar Lab Internet Dasar ini kita berfikir itu tidak penting, karna toh tanpa praktikum ini kita jugaa sudah mengetahui tentang internet.
Tapi, pelaksanaan Praktikum ini menurut saya sangat singkat sekali. Hanya 3 kali pertemuan. 2 pertemuan belajar, dan yang 1 pertemuan nya lagi Ujian. Sebaiknya pertemuannya ditambah lagi agar para mahasiswa lebih bisa mendalami dan mengerti tentang ilmu yang di berikan Lab Internet Dasar ini.
Kemudian mengenai Ruangan dan Komputer-Komputer yang disediakan diruangan ini. Menurut saya, ruangan praktikum ini masih kurang nyaman. Komputer-komputer yang ada pun, bisa dikatakan masih kurang baik atau dapat dikatakan Jadul. Karna di beberapa komputer masih menggunakan sistem operasi yang sebelum Windows XP sehingga komputer tersebut menjadi lemot atau lambat kerjanya. Dan juga yang saya kecewakan saat mengikuti praktikum ini adalah mengenai koneksi internetnya yang tidak bisa digunakan. Pada awalanya saya berfikir bahwa ini praktikum tentang internet, pasti nantinya di ruangan tersebut internetnya online semua. Tapi ternyata saat saya memasuki ruangan tersebut, internet nya sama sekali tidak bisa digunakan, karna ada kendala dari service providernya. Jujur, saat itu saya cukup kecewa dengan Lab ini. Dan karna internet nya itu tidak bisa di gunakan, maka kami para praktikan harus menggunakan internet di hanphone kami masing-masing untuk mencari jawaban.
Harapan saya untuk Lab Internet Dasar semoga Lab Internet Dasar nantinya akan lebih baik lagi, dan semoga saran saya di atas dapat di terima oleh kakak-kakak tutor Lab Internet Dasar J J J

0 comments:

Post a Comment