Pages

image

My Life My Journey

Everybody wants happiness nobody wants pain, but you can't have a rainbow without a little rain

-siti filza atika-

Friday, June 29, 2012

The Most Wanted Cakes In Town: Red Velvet and Rainbow Cake

 Red Velvet Cake dan Rainbow Cake  adalah dua jenis kue yang belakangan ini sedang hip dan menjadi primadona di Ibu Kota. Saking hip-nya, kue yang selalu tampil cantik dan menggoda selera ini menjadi incaran banyak orang. Kalian juga termasuk orang-orang yang ikutan berburu kue-kue ini? Yuk, kita intip mengenai asal-usulnya, dan dimana kamu bisa mencicipinya?


Red Velvet Cake
Warnanya yang merah-kecoklatan menjadi ciri khas dari kue ini. Warna ini didapat dengan menggunakan pewarna makanan atau pun pewarna alami yang berasal dari buah Bit. Walaupun kadang-kadang kita temui dalam bentuk cup cake, namunRed Velvet klasik biasanya dibuat berlapis-lapis (layer cake). Tiap lapisan dan sekeliling kue dipoles dengan whipped cream atau cream cheese putih yang cukup tebal.

Konon menurut keterangan di WikipediaJames Beard (warga negara Amerika) adalah orang yang membuat resep kue klasik ini ke dalam beberapa varian. Namun di era Perang Dunia II, setelah perusahaan asal Texas yang bernama Adams Extract berhasil mengekstrak warna (merah) dan rasa dari berbagai bahan alami, barulah Red Velvet Cake menjadi lebih dikenal banyak orang. Red Velvet Cakepaling terkenal di AS yang dibuat dengan resep orisinal, bisa ditemui di Waldorf Astoria HotelNew York.
Untuk di Kota Jakarta sendiri sebenarnya sudah mulai banyak yang menjual Red Velvet Cake, baik itu toko online atau pun toko-toko kue terkenal. Diantaranya The Harvest, Michel’s Patiserrie, Souly Butter Kitchen, Le Gourmet  dan Le Rouge Flamingo. 

Rainbow Cake
Gradasi warna layaknya pelangi menjadi daya tarik yang paling menggoda mata untuk segera mencicipi kue ini. Ya, Rainbow Cake merupakan sponge cake yang biasanya terdiri dari 7 lapis (layer), dimana masing-masing lapisannya diberi warna Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Ada juga pembuat kue yang membuat tiap lapisannya dengan rasa yang berbeda-beda. Ditambah dengan olesan cream putih di tiap lapisan dan sekeliling kue, maka sepotong Rainbow Cake ini terlihat begitu tebal.

Kaitlin Flanerry (asal Amerika) disebut-sebut sebagai orang pertama yang menulis resep Rainbow Cake. Ia kemudian mulai mempopulerkan kue kreasinya itu saat menjadi bintang tamu di sebuah acara talks show televisi Amerika, “The Martha Steward Show”. Sejak saat itulah Rainbow Cake menjadi begitu terkenal, bahkan hingga ke Indonesia.
Untuk mencicipi sepotong Rainbow Cake di kota Jakarta, kamu bisa mendapatkannya di Michel’s Patisserie, Dapur Cokelat, The Park Lane Hotel, The Goods Café, dan Souly Butter Kitchen. 
Nah, itulah sekilas mengenai asal-usul Red Velvet Cake dan Rainbow Cake. Selamat berburu!

Sumber:
-       Detik Food, Culinary Bonanza, Sidomi News, Bakerella, Wikipedia.
 -       http://jakartavenue.com/2012/06/the-most-wanted-cakes-in-town-red-velvet-and-rainbow-cake/

0 comments:

Post a Comment