Pages

image

My Life My Journey

Everybody wants happiness nobody wants pain, but you can't have a rainbow without a little rain

-siti filza atika-

Friday, June 29, 2012

Tips Gaya Hidup Sehat: Little Movements

Kita mungkin sering mendengar tentang gaya hidup sehat atau Healthy Lifestyle,tapi apakah kita sudah memahami maksud kalimat tersebut? Secara umumHealthy Lifestyler adalah orang yang tidak merokok, yang memiliki berat badan seimbang dan proporsional, selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dan rutin fitness. Sounds simple, doesn’t it?

Hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit, Triknya hanya dengan membuat little movements di segala aspek kebiasaan hidup. Misalnya membiasakan berjalan kaki ke mall atau ke kantor, mencampurkan buah kedalam sereal atau hanya sekedar memperbanyak minum air mineral. Ini hanya sebagian langkah kecil yang dapat kita lakukan untuk memulai hidup sehat tanpa harus melakukan perubahan drastis terhadap pola hidup sebelumnya.

Salah satu masalah terbesar di dunia saat ini adalah lack of actifity (kurangnya bergerak). Dengan dasar mungkin untuk menghindari kemungkinan tertular penyakit yang dibawa udara dan debu kota Jakarta yang begitu pekat atau berolahraga di gym akan membuang waktu kita yang begitu berharga. Tapi pada kenyataannya, “movement is movement and the more you do, the healthier you’ll be”. Karena semakin banyak kita bergerak maka akan semakin sehat tubuh kita. Bergerak tidak harus main bola, fitness, atau olah raga lainnya, cukup dengan melakukan aktivitas ringan seperti pekerjaan rumah tangga, berkebun dan membiasakan berjalan kaki atau bersepeda di seputaran komplek akan membuat perubahan.


Dengan membiasakan diri untuk bergerak, benfit yang kita peroleh yaitu:
§  Mengurangi resiko penyakit jantung
§  Meningkatkan stabilitas sendi
§  Membantu mempertahankan kelenturan tubuh saat tua
§  Menjaga massa tulang
§  Mencegah osteoporosis dan patah tulang
§  Menigkatkan mood dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi
§  Meningkatkan kepercayaan diri
§  Mengurangi stress
§  Meningkatkan daya ingat bagi manula, dll

Simple Ways to Move Our Body
Kita dapat memulai pola hidup sehat sekarang dengan membiasakan menambahkan dan sedikit aktifitas kedalam pola kebiasaan hidup kita. Jika kita belum siap untuk pola yang terstruksur maka dapat dimulai dengan hal kecil terlbih dahulu. Hal ini akan dapat membantu membakar kalori dan membuat tubuh bugar.
Matikan TV. Sekali dalam seminggu biasakan untuk tidak menonton TV dan lakukan aktivitas bersama keluarga, bermain game, jalan-jalan dll. Hal ini akan membuat hampir seluruh saraf dan otot bergerak dibandingkan jika hanya duduk di depan TV.
Berjalan Kaki. Carilah ide dan tempat yang memungkinkan kita untuk bisa berjalan dengan santai, di taman kota menjelang sore atau ketika membeli keperluan ke mall (market) jika dapat dilakukan dengan berjalan kaki maka akan lebih baik.
Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga. Membersihkan taman, menggali lubang, berkebun, menyapu halaman atau lantai dan menyiram tanaman. Mungkin hal ini tidak terlalu berat untuk mereka yang tidak terlalu “kuat” berolah raga akan tetapi hal ini berdampak besar untuk kesehatan.
Be Aware. Buatlah list semua aktivitas fisik yang dilakukan pada hari-hari biasa, jika ditemukan bahwa sebagian besar waktu dihabiskan hanya duduk-duduk saja, maka kita harus menambahkan kegiatan kedalam waktu tersebut. Walaupun hanya sekedar naik turun tangga atau berjalan di dalam rumah.
Do the best for Better Living.

Sumber :

0 comments:

Post a Comment