1.
Jelaskan
secara singkat 5 konsep pemasaran ?
a.
Konsep produksi
Pada konsep
ini memfokuskan pada menekan biaya produksi yaitu bahwa harga(murah) merupakan
dasar pertimbangan utama pembelian .
b.
Konsep Produk
Pada konsep
ini memfokuskan pada pengembangan produk yaitu performance dan kualitas produk
mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian.
c.
Konsep
penjualan
Pada konsep ini memfokuskan pada peningkatan penjualan yaitu uasaha- usaha
penjualan(dan promosi) harus lebih aktif mempengaruhi konsumen untuk melakukan
pembelian .
d.
Konsep
Pemasaran, ada 2 :
§ Konsep Pemasaran (pelanggan)
Pada konsep ini memfokuskan pada kepuasan pelanggan yaitu pembelian dan
pembelian ulang akan dilakukan apabila pelanggan(individual) mendapatkan
kepuasan dalm pembelian .
§ Konsep pemasaran sosial
Pada konsep ini memfokuskan pada kepuasan pelanggan dan kesejahteraan
masyarakat yaitu pembelian- dan pembelian ulang akan dilakukan apabila
pelanggan(individual dan sosial) mendapatkan kepuasan dalam pembelian .
e.
Konsep pasar
Pada konsep ini memfokuskan pada mengungguli pasar pesaing yaitu perusahaan
perlu mempertimbangkan pesaing untuk merebut dan mempertahankan kepuasan
pelanggan .
2.
Sebutkan
dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?
·
Pasar adalah tempat pertemuan antara
penjual dan pembeli atau lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang
mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk
harga.
·
Pemasaran, adalah proses perpindahan barang
dan/atau jasa dari produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan
dengan arus barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.
3.
Apa
beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep pemasaran ?
·
Kebutuhan, adalah suatu keadaan perasaan yang
membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian, perumahan,
harga diri, rasa aman, dan kasih sayang.
·
Keinginan, adalah kebutuhan yang dibentuk
oleh budaya dan pribadi seseorang.
4.
Jelaskan
dengan singkat apa yang dimaksud dengan “marketing mix” ?
Marketing
Mix, adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama
lain. Marketing mix, sering kali ditandai dengan kegiatan yang biasa di sebut
4P, yaitu Produk (Product), Harga (Price), Saluran Distribusi (Place), dan Promosi (Promotion)
Sumber
: Pengantar Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama
0 comments:
Post a Comment